Foto-Seminar Nasional

Seminar Nasional “Pembangunan Inovatif, Pemimpin Kreatif, dan Daerah Kompetitif”

Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) menghadiri Seminar Nasional dengan judul “Pembangunan Inovatif, Pemimpin Kreatif dan Daerah Kompetitif”, pada 11 Januari 2017 di Kantor Bappenas, Jakarta. Seminar ini terselenggara atas dukungan Kementrian PPN/Bappenas, KSI dan pemerintah Australia.

Seminar dibuka oleh Menteri Bappenas, Bambang Brojonegoro, yang menekankan pentingnya peran inovasi dalam meningkatkan daya saing bangsa. Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan oleh beberapa pimpinan daerah yang sudah menjalankan program inovatif, di antaranya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bupati Banyuwangi dan Wali Kota Makassar.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi stimulus dalam mengintegrasikan kebijakan inovasi daerah  dan pemerintah pusat, dan mendorong daerah yang telah melaksanakan smart practice untuk menjadi teladan dan contoh daerah lain. Forum ini juga diharapkan dapat menghasilkan masukan strategis dalam penyusunan kebijakan inovasi daerah.

Dalam program inovasi ini, semua komponen bangsa terutama generasi muda sangat diharapkan partisipasinya. Disini ALMI dapat memainkan peran penting dalam mendukung dan menjadi motor penggerak program-program inovatif, baik yang muncul di daerah maupun yang lahir dari pemerintah pusat. ALMI dengan potensi yang dimilikinya, tentunya dapat memberikan masukan dan advokasi agar pelaksanaan program-program inovatif dapat berjalan efektif dan sesuai target yang diharapkan tanpa menimbulkan masalah baru seperti halnya masalah legal dan sosial.

 

Dr Yudi Darma

Koordinator Kelompok Kerja Sains Garda Depan

Akademi Ilmuwan Muda IndonesiaFoto-Seminar Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *