Sains dan Kebijakan

Laras Sekarasih

Foto Diri

Universitas Indonesia

Jabatan
  • Dosen dan Penliti

Laras Sekarasih adalah dosen dan peneliti di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Area kepakarannya adalah Psikologi Media, Media, Anak, dan Keluarga, Media dan Konsumen, dan Literasi Media. Di Fakultas Psikologi UI Laras mengampu mata kuliah Psikologi Media, dan metode penelitian kuantitatif pada jenjang S1, S2, dan S3. Karya ilmiahnya telah dipublikasikan di Journal of Advertising, Journal of Children and Media, dan Journal of Media Literacy Education. Risetnya yang sedang berjalan saat ini mencakup bagaimana individu menilai kredibilitas sumber informasi, dan bagaimana
anak memengaruhi penggunaan media dalam keluarga. Saat ini Laras juga tergabung dalam jaringan independen peneliti Asia Pasifik dalam topik media dan orang muda Raising Digital Youth (https://www.raisingdigitalyouth.com/).


Publikasi Relevan
  • Sekarasih, L. (2020). Developmental Changes in Comprehension of Advertising. in van den Bulck, J., & Scharrer, E. (Ed.). International Encyclopedia of Media Psychology. New York, NY: Wiley
  • Wardhani, P., & Sekarasih, L. (forthcoming). Parental Decisions on Sharing Their Children’s Private Information on Social Media among Families in Jakarta Area. Accepted at Makara Human Behavior Studies in Asia.
  • Wisuantari, N. P. P., & Sekarasih, L. (forthcoming). Health Literacy Program to Reduce Sugary Drink Consumption among Middle School Students in Jakarta. Accepted at Makara Human Behavior Studies in Asia.
  • McDermott, K. W., & Sekarasih, L. (2019). Representations of risky behaviors. in Hobbs, R., & Mihailidis, P. (Ed.). The International Encyclopedia of Media Literacy. New York: Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118978238.ieml0205
  • Sekarasih, L., Scharrer, E., Olson, C., Onut, G. & Lanthorn, K. (2019) Effectiveness of a school-based media literacy curriculum in encouraging critical attitudes about advertising content and forms among boys and girls. Journal of Advertising, DOI: 10.1080/00913367.2018.1545269
  • Olson, C., Lanthorn, K., Onut, G., Sekarasih, L., & Scharrer, E. (2019) Producing PSAs on consumer culture: youth reception of advertising. Critical Studies in Media Communication, 36(1), 58-74, DOI: 10.1080/15295036.2018.1526390
Penghargaan / Hibah Relevan
  • 2020. Dosen Berprestasi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
  • 2019. Best Microteaching for Social Science and Humanities cluster – US Embassy Regional English Language Office Teaching in English Workshop.
  • 2018. Dosen Berprestasi (Riset) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Presentasi Terbaik Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Sosial.
  • 2018. Dosen Favorit Mahasiswa Program Studi Magister Terapan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Rumpun Kepakaran

Psikologi

Kepakaran
  • Psikologi Media
  • Literasi Media
  • Media, Anak, dan Keluarga
  • Media dan Konsumen

Skip to content