ID | EN

Tentang ALMI

AKADEMI ILMUWAN MUDA INDONESIA

“Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) merupakan wadah bagi ilmuwan muda terkemuka Indonesia. ALMI didirikan untuk mendorong peran ilmuwan muda dalam memajukan ilmu pengetahuan dan budaya ilmiah unggul di Indonesia, dengan tujuan meningkatkan daya saing bangsa.”


Latar Belakang ALMI

ALMI merupakan organisasi bagi ilmuwan muda Indonesia yang bernaung di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). AIPI mendeklarasikan pendirian ALMI sebagai wadah untuk ilmuwan muda Indonesia terkemuka pada 20 Mei 2015.

ALMI berdiri secara resmi setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden RI No.9/2016 tentang Revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga AIPI, pada 29 Februari 2016.

Lahirnya Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) berawal dari penyusunan buku SAINS45: Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan. Tiga belas ilmuwan muda yang menjadi komite studi dalam penyusunan buku tersebut menjadi anggota perdana ALMI dan bertugas menyiapkan berbagai perangkat organisasi ALMI.

Misi ALMI

  1. Mendorong terciptanya kemajuan ilmu pengetahuan garda depan melalui kolaborasi lintas disiplin di kalangan ilmuwan muda.
  2. Mendorong terciptanya perangai ilmiah dan berkembangnya budaya ilmiah unggul pada generasi muda.
  3. Mendorong penggunaan ilmu pengetahuan dalam perumusan kebijakan publik.
  4. Menjadi bagian dari gerakan akademi ilmuwan muda dunia dalam menjawab tantangan global.

Hymne Ilmuwan Muda Indonesia

Unduh “Partitur Hymne Ilmuwan Muda Indonesia” Diunduh 22 kali – 79 KB

Skip to content