ALMI Galang Kerja Sama dengan World Resources Institute Indonesia

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jakarta, 24 Agustus 2018-Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) menandatangani kerja sama dengan World Resources Institute (WRI) Indonesia pada Jumat, 24 Agustus 2018. Melalui kerja sama tersebut, ALMI dan WRI Indonesia bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari penelitian bersama, diseminasi hasil penelitian kepada publik, hingga edukasi media. Penandatanganan MOU tersebut dilakukan bersamaan dengan diskusi publik bertema Sustainable Natural Resources Management di kantor WRI Indonesia, Jakarta.

Direktur Eksekutif WRI Indonesia, Nirarta Samadhi, menyebut ALMI sebagai salah satu mitra strategis dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia. Kerja sama dengan ALMI, yang beranggotakan para ahli dari berbagai disiplin ilmu, dapat memperkuat riset yang dilakukan WRI Indonesia. “Anggota ALMI bisa menjadi mentor bagi peneliti muda di program Wahana Riset Indonesia atau menjadi narasumber di berbagai diskusi yang kami selenggarakan,” ujarnya, Jumat.

ALMI dan WRI juga diharapkan dapat menghasilkan publikasi bersama, baik dalam bentuk buku, laporan, policy brief, maupun white paper. Para anggota ALMI bisa terlibat sebagai penulis maupun peer reviewer dalam proses penyusunannya untuk meningkatkan kredibilitas publikasi-publikasi yang dihasilkan kedua organisasi.

Lebih lanjut, Nirarta juga menyampaikan keinginan untuk membentuk perkumpulan atau forum komunikasi yang beranggotakan berbagai institusi yang bergerak di riset. Langkah ini sudah lebih dulu dilakukan oleh berbagai NGO yang bergerak di bidang konservasi. Hal ini dirasa efektif untuk menyuarakan masukan mereka kepada para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah. “Saya percaya himpunan pihak yang punya kesamaan kegiatan—syukur kalau nilai dan pandangannya sama—bisa menghasilkan karya yang jauh lebih besar jika bergerak bersama,” ujar dia.

***

Anggrita D. Cahyaningtyas

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Skip to content