Kiprah Ilmuwan Muda dalam Kilasan Cahaya

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Bersama Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) menyelenggarakan pameran foto bertajuk “Potret Ilmuwan Muda Indonesia” pada 27 Nov-2 Des 2019 di Orbital Dago, Jalan Rancakendal Luhur 7, Bandung.

Pameran yang pertama kali diselenggarakan oleh ALMI dan DitjendSDID  serta dihadiri oleh para pers mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Bandung dan sekitarnya serta beberapa media nasional ini menampilkan 32 potret ilmuwan dari berbagai bidang. Dalam acara pembukaan, Rabu (27/11),  turut hadir Kepala LL-Dikti Wilayah IV, Usman Suherman, Presiden Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), Alan F Koropitan, serta tim kurator foto pameran, Henrycus Napitsumargo dan Deden H. D.

“Kami berharap dari kegiatan yang memiliki tujuan utama untuk mengenalkan dan mendekatkan sosok para ilmuwan muda Indonesia kepada khalayak umum untuk bisa dijadikan panutan dan inspirasi juga sebagai cara baru mengenalkannya kepada masyarakat, khususnya generasi milenial,” ujar Usman.

Dalam sambutannya, PresidenALMI Dr Alan F Koropitan, menyatakan, menyambut baik pameran foto ini. Alan juga berharap lebih banyak generasi muda yang mau menjadi ilmuwan.

“Negara kita membutuhkan ilmuwan-ilmuwan yang mampu menjawab permasalahan bangsa,” ujarnya.

Proyek “Potret Ilmuwan Muda Indonesia” kali ini sebenarnya tidak lebih dari sebuah kolaborasi subyek dan fotografer dengan sebuah tujuan. Intensi utama dari proyek ini dimulai dengan rasa apresiasi terhadap para ilmuwan muda yang berprestasi namun seakan tenggelam oleh hiruk pikuk isu-isu sosial hari ini. Sang fotografer yang memiliki rasa apresiasi tersebut memutuskan untuk membuat sebuah kolaborasi dengan tujuan memperkenalkan figur-figur ilmuwan yang bisa menjadi tawaran inspirasi kepada publik akan pentingnya kehadiran ilmuwan di berbagai bidang dalam memajukan sebuah peradaban di kehidupan bermasyarakat.

Mungkin terdengar berlebihan, tetapi setidaknya tawaran ini menggarisbawahi sebuah intensi positif untuk memperkenalkan dunia ilmuwan yang dianggap soliter kepada publik.

Foto sebagai seni melukis cahaya di sini dimanfaatkan tidak hanya sebagai media pengingat suatu momen saja, tetapi lebih dari itu digunakan sebagai media untuk memberikan informasi dan pengenalan terhadap sepak terjang para ilmuwan muda yang dimiliki Indonesia. Mereka yang berkarya dan berpikir untuk menciptakan kemajuan serta dengan rasa apresiatif dari fotografer, tentunya diharapkan bisa menjadi motor dalam regenerasi dunia keilmuan di masa yang akan datang.

Dengan mengadopsi konstruksi visual foto potret dan pendekatan dokumentasi estetik, proyek ini bisa disebut sebagai kolaborasi antar profesi dengan dasar apresiasi antara subyek dengan sang fotografer. Terlepas dari reaksi dan dampaknya terhadap publik, proyek ini menawarkan sebuah inspirasi untuk publik terutama generasi muda untuk mengenal lebih dekat para ilmuwan muda berprestasi dan mungkin kelak bisa menjadi panutan dan inspirasi secara personal.

Bagi yang tertarik untuk lebih mengenal sosok-sosok ilmuwan muda sekaligus mencari tempat yang asyik untuk berkumpul dengan teman-teman, jangan lewatkan Pameran “Potret Ilmuwan Muda Indonesia” di Galeri Orbital Dago, Kota Bandung dari 27 November – 2 Desember 2019.

Penulis: Mohamad Burhanudin (Communication Coordinator of ALMI)

 

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Skip to content